Tugas I Pengantar Animasi & Desain Grafis (Point 1)

Pengenalan Desain Grafis

(Afran Nafarsani 10114408, Rio Hendrawan S 19114457, Silva Khandiyaas A 1A114275)

Unit Grafis PC

GPU adalah singkatan dari Graphics Processing Unit atau jika dijabarkan yaitu Unit Pengolahan Grafis yang ada di dalam PC, dalam definisinya menjelaskan bahwa GPU adalah sirkuit yang khusus dirancang secara cepat mengubah memori menjadi sedemikian rupa selanjutnya mempercepat pembentukan gambar dalam frame buffer dan hasil outputnya akan ditampilkan. Atau secara garis besar dapat dikatakan sebagai alat pengolah grafis pada PC.

Jenis Unit Grafis

Jenis unit grafis dibagi menjadi 2 yaitu, kartu grafis integrated dan Dedicated.

Perbedaan

Integrated atau terintegrasi

Sebuah unit terintegrasi pemrosesan grafis (GPU) tidak menggunakan RAM sendiri; GPU itu menggunakan memori sistem. Jadi, jika Anda memiliki komputer dengan 4GB RAM, kartu video dapat digunakan di mana saja antara satu dan lima persen dari memori yang tersedia untuk pengolahan grafis. Tentu saja, persentase ini bervariasi tergantung pada ukuran tugas, terutama jika anda memakainya untuk multitasking atau bermain game.

Manfaat dari unit  ini adalah bahwa ini jauh lebih murah. Kartu grafis terintegrasi juga menghasilkan panas yang sedikit dibandingkan dengan kartu video khusus dan menggunakan daya yang kurang juga, sehingga meningkatkan masa pakai baterai secara keseluruhan (hemat baterai jika pada laptop). Kartu grafis terintegrasi cocok untuk orang yang melakukan pengolahan grafis sehari-hari (pengolahan grafis ringan).

Dedicated

Sedangkan Dedicated Graphics card memiliki RAM dan data terpisah yang ditransfer melalui bus PCI. Yang biasanya lebih kuat bila dibandingkan dengan unit terpadu dan bertujuan untuk tingkat kinerja yang lebih tinggi seperti memainkan game berspesifikasi tinggi dan menonton video berkualitas gambar yang tinggi.

Dedicated kartu grafis memiliki memori sendiri . Misalnya Anda memiliki VGA GeForce GTX 550 Ti dengan memori 1GB , sehingga 1 Gb memory akan di manfaatkan dan tidak menggunakan memori sistem .

Namun ada beberapa kekurangan dalam memiliki Dedicated Kartu grafis. Jika Anda seorang gamer profesional atau jika anda menjalankan sistem dual-monitor, GPU akan harus bekerja lebih keras dan akan cepat panas, sehingga jika anda menggunakan laptop dengan kartu grafis dedicated, hal itu juga akan menurunkan daya tahan baterai.

Jika anda ingin menggunakan kartu khusus Dedicated saran saya adalah gunakan setidaknya satu atau dua kipas pada laptop dan dengan banyak ventilasi. Anda dapat menemukan pendingin khusus jika Anda ingin memberikan sistem perlindungan ekstra dari panas.

Peran Desain Grafis

Sebuah brand didefinisikan dan terdiri dari nama, istilah, ungkapan, simbol dan desain yang ditujukan untuk menjelaskan barang dan jasa yang dijual dan membedakannya dari barang dan jasa lainnya. Suatu brand yang baik akan mencapai hal-hal seperti menyampaikan pesan dengan jelas, dapat memikat pembeli, memotivasi pembeli untuk membeli produk dari brand tersebut, dan memantapkan kesetiaan pengguna agar selalu menggunakan brand tersebut.

Pemilik brand harus mengerti kebutuhan dan keinginan pelanggan atau prospek kita lalu membangun dan menyampaikan pesan yang menjawabnya pada setiap interaksi dengan publik agar branding berhasil.

Bagaimana mendefinisikan tujuan brand? Agar manajemen brand efektif, pemilik brand harus mempunyai definisi yang jelas tentang siapa target audience atau konsumen dan apa yang harus dicapai oleh brand tersebut. Brand dibangun dari kepribadian, image, kompetensi inti dan karakteristik-karakteristik perusahaan.

Impresi yang dibentuk dan kata-kata yang digunakan orang untuk menjelaskan perusahaan brand tersebut pada orang lain membentuk brand tersebut. Brand yang kuat bisa membangun kredibilitas sehingga memiliki pengaruh yang kuat pada pasar dan memotivasi pelanggan dan prospek untuk membeli dari brand tersebut. Ketika brand tersebut bisa mendefinisikan objektifnya dengan spesifik, akan lebih mudah bagi brand tersebut untuk membuat rencana kegiatan untuk mencapai tujuannya.

Yakinkan bahwa setiap hal yang dilakukan perusahaan memberikan kesan yang saling memperkuat. Selain itu,  kontinuiti sangat penting di jaga. Kontinuiti adalah strategi dan proses mengkoordinasikan semua elemen pesan marketing untuk mencapai tampilan dan kesan perusahaan, produk dan jasa yang konsisten dan mudah di ingat.

Brand yang kuat sangat berharga, apalagi ditengah persaingan yang sangat ketat saat ini. Karenanya sangat penting untuk mengalokasikan waktu untuk melakukan riset, mendefinisikan dan membangun brand. Buatlah logo yang bagus agar Brand semakin mudah diingat.

Logo membawa peran sangat penting dalam pembentukan sebuah brand, disinilah terlihat bahwa desain grafis berperan sangat penting dalam pembuatan logo brand – brand ternama.

Perbedaan desain grafis dan image processing

Perbedaan desain grafis dan image processing. Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Sedangkan Image processing adalah suatu bentuk pengolahan atau pemrosesan sinyal dengan input berupa gambar (image) dan ditransformasikan menjadi gambar lain sebagai keluarannya dengan teknik tertentu. Image processing dilakukan untuk memperbaiki kesalahan data sinyal gambar yang terjadi akibat transmisi dan selama akuisisi sinyal, serta untuk meningkatkan kualitas penampakan gambar agar lebih mudah diinterpretasi oleh sistem penglihatan manusia baik dengan melakukan manipulasi dan juga penganalisisan terhadap gambar.

Prinsip kerja Desain Grafis

Prinsip – Prinsip Desain Grafis adalah sebagai berikut:

Kesederhanaan
Banyak pakar desain grafis menyarankan prinsip ini dalam pekerjaan desain. Hal ini sangat logis demi kepentingan kemudahan pembaca memahami isi pesan yang disampaikan. Dalam penggunaan huruf sebuah berita misalnya. Huruf judul (headline), subjudul dan tubuh berita (body text) sebaiknya jangan menggunakan jenis font yang ornamental dan sulit dibaca, seperti huruf blackletter yang sulit dibaca. Desainer grafis juga menyebut prinsip ini sebagai KISS (Keep It Simple Stupid). Prinsip ini bisa diterapkan dengan penggunaan elemen ruang kosong (white space) dan tidak menggunakan terlalu banyak unsur-unsur aksesoris. Seperlunya saja.

Keseimbangan
Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual. Prinsip keseimbangan ada dua, yaitu: keseimbangan formal (simetris) dan keseimbangan informal.

Keseimbangan formal memberikan kesan sempurna, resmi, kokoh, yakin dan bergengsi. Keseimbangan formal juga menyinggung mengenai konsistensi dalam penggunaan berbagai elemen desain. Seperti warna logo. Dalam desain kartu nama desain dibuat dengan full color (F/C). Tetapi dengan pertimbangan agar desain lebih variatif dan tidak membosankan, maka pada media desain yang berbeda Anda membuat logo tersebut dengan warna duotone. Pada kondisi ini, gagasan variasi desain sebaiknya tidak diperlukan. Apa jadinya kalau logo tersebut adalah logo sebuah produk barang. Konsistensi juga sangat diperlukan sebagai kesan identitas yang melekat pada sebuah merek produk. Kita tidak mau konsumen sampai lupa pada produk yang dijual. Sedangkan keseimbangan informal bermanfaat menghasilkan kesan visual yang dinamis, bebas, lepas, pop, meninggalkan sikap kaku, dan posmodernis.

Kesatuan
Kesatuan adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi.

Penekanan (aksentuasi)
Penekanan dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud. Penekanan juga dilakukan melalui perulangan ukuran, serta kontras antara tekstur, nada warna, garis, ruang, bentuk atau motif.

Irama (repetisi)
Irama merupakan pengulangan unsur-unsur pendukung karya seni. Irama merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang, serupa dengan interval waktu antara dua nada musik beruntun yang sama. Desain grafis mementingkan interval ruang atau kekosongan atau jarak antar obyek. Misalnya jarak antarkolom. Jarak antar teks dengan tepi kertas, jarak antar 10 foto di dalam satu halaman dan lain sebagainya.

Prinsip Kerja Image Processing

Image Enhancement (peningkatan kualitas gambar)

Tahap ini seringkali dikenal dengan pre-processing. Operasi peningkatan kualitas gambar berfungsi untuk meningkatkan fitur tertentu pada citra sehingga tingkat keberhasilan dalam pengolahan gambar berikutnya menjadi tinggi. Operasi ini lebih banyak berhubungan dengan penajaman dari fitur tertentu pada gambar. Peningkatan kualitas gambar ini dapat dilakukan “secara manual”, dengan menggunakan program lukis atau dengan pertolongan rutin software.

Untuk melakukan proses image enhancement, ada beberapa teknik yang dapat dicoba berdasarkan cakupan pada operasinya:

  1. Operasi Titik
    Operasi titik dalam image enhancement dilakukan dengan memodifikasi histogram citra masukan agar sesuai dengan karakteristik yang diharapkan. Histogram dari suatu citra adalah grafik yang menunjukkan distribusi frekuensi dari nilai intensitas piksel dalam citra tersebut. Teknik enhancement berdasarkan operasi titik dibagi tiga, yaitu:
  1. Intensity Adjustment
    Intensity adjusment bekerja dengan cara melakukan pemetaan linear terhadap nilai intensitas pada histogram awal menjadi nilai intensitas pada histogram yang baru.
  2. Histogram Equalization
    Teknik histogram equalization bertujuan untuk menghasilkan suatu citra keluaran yang memiliki nilai histogram yang relatif sama.
  3. Thresholding
    Thresholding merupakan proses pemisahan piksel-piksel berdasarkan derajat keabuan yang dimilikinya. Piksel yang memiliki derajat keabuan lebih kecil dari nilai batas yang ditentukan akan diberikan nilai 0, sementara piksel yang memiliki derajat keabuan yang lebih besar dari batas akan diubah menjadi bernilai 1 .
  1. Operasi Spasial
    Operasi spasial dalam pengolahan citra digital dilakukan melalui penggunaan suatu kernel konvolusi 2-dimensi. Teknik enhancement berdasarkan operasi titik dibagi tiga, yaitu:

    1. Neighborhood Averaging
      Pada prinsipnya, filter yang digunakan dalam neighborhood averaging merupakan salah satu jenis low-pass filter, yang bekerja dengan cara mengganti nilai suatu piksel pada citra asal dengan nilai rata-rata dari piksel tersebut dan lingkungan tetangganya.
    2. Median Filtering
      Median filter merupakan salah satu jenis low-pass filter, yang bekerja dengan mengganti nilai suatu piksel pada citra asal dengan nilai median dari piksel tersebut dan lingkungan tetangganya.
    3. High-Pass Filtering
      Sebagaimana pada proses pengolahan sinyal satu dimensi, high-pass filter dua dimensi akan melewatkan komponen citra frekuensi tinggi dan meredam komponen citra frekuensi rendah.
  2. Operasi Transformasi
    Operasi transformasi ini dilakukan dengan cara mentransformasi citra asal ke dalam domain yang sesuai bagi proses enhancement, melakukan proses enhancement pada domain tersebut, mengembalikan citra ke dalam domain spasial untuk ditampilkan/diproses lebih lanjut

    1. Fast Fourier Transform (FFT)
      Transformasi ini memindahkan informasi citra dari domain spasial ke dalam domain frekuensi, yaitu dengan merepresentasikan citra spasial sebagai suatu penjumlahan eksponensial kompleks dari beragam frekuensi, magnituda, dan fasa.

Image Restoration (pemulihan gambar)

Pemulihan gambar bertujuan untuk mengembalikan kondisi gambar yang telah rusak atau cacat yang sebelumnya telah diketahui menjadi gambar seperti pada kondisi awal, karena adanya gangguan yang menyebabkan penurunan kualitas gambar, misalnya mengalami suatu degradasi. Degradasi dalam hal ini maksudnya adalah gambar menjadi agak kabur (blur) sehingga menurunkan kualitas gambar. Blur dapat terjadi karena banyak faktor. Bisa karena pergerakan selama pengambilan gambar oleh kamera, penggunaan kamera yang tidak fokus, pengguanaan lensa dengan sudut yang lebar, gangguan atmosfir, pencahayaan yang singkat sehingga mengurangi jumlah foton yang ditangkap oleh kamera, dan sebagainya.

Image Compression (kompresi gambar)

Kompresi gambar bertujuan untuk meminimalkan jumlah bit yang diperlukan untuk merepresentasikan citra. Hal ini sangat berguna apabila anda ingin mengirimkan gambar berukuran besar. Gambar yang berukuran besar akan berpengaruh pada lamanya waktu pengiriman. Maka dari itu kompresi gambar akan memadatkan ukuran gambar menjadi lebih kecil dari ukuran asli sehingga waktu yang diperlukan untuk transfer data juga akan lebih cepat.

Ada dua tipe utama kompresi data, yaitu kompresi tipe lossless dan kompresi tipe lossy. Kompresi tipe lossy adalah kompresi dimana terdapat data yang hilang selama proses kompresi. Akibatnya kualitas data yang dihasilkan jauh lebih rendah daripada kualitas data asli. Sementara itu, kompresi tipe lossless tidak menghilangkan informasi setelah proses kompresi terjadi, akibatnya kualitas citra hasil kompresi juga tidak berkurang

Ada yang perlu diperhatikan dalam melakukan proses kompresi gambar ini, antara lain:

  • Resolusi
    Resolusi adalah ukuran panjang kali lebar dalam suatu gambar yang digambarkan dalam satuan pixel. Besar kecilnya resolusi akan berpengaruh pada kualitas gambar. Tetapi hal ini juga akan mempengaruhi jumlah bit datanya dan proses transfer datanya.
  • Kedalaman bit
    Kedalaman bit adalah banyak sedikitnya jumlah bit yang dibutuhkan unruk menggambarkan suatu citra (gambar) dalam satuan bit/pixel. Tentu saja bila dinalar, semakin banyak bit maka gambar yang dihasilkan akan lebih bagus.
  • Redundansi
    Redundansi adalah keadaan di mana representasi suatu elemen data tidak bernilai signifikan dalam menggambarkan keseluruhan data.

Image Refresention & Modelling (representasi dan permodelan gambar)

Representasi mengacu pada data konversi dari hasil segmentasi ke bentuk yang lebih sesuai untuk proses pengolahan pada komputer. Keputusan pertama yang harus sudah dihasilkan pada tahap ini adalah data yang akan diproses dalam batasan-batasan atau daerah yang lengkap. Batas representasi digunakan ketika penekanannya pada karakteristik bentuk luar, dan area representasi digunakan ketika penekanannya pada karakteristik dalam, sebagai contoh tekstur. Setelah data telah direpresentasikan ke bentuk tipe yang lebih sesuai, tahap selanjutnya adalah menguraikan data.

Referensi:

http://www.hardwarekomputer.net/2014/07/apa-itu-pengertian-gpu-pada-komputer-pc.html

http://www.murdockcruz.com/2016/09/13/perbedaan-istilah-integrated-dan-dedicated-kartu-grafis-dalam-komputer-atau-laptop/#.WMsgG9KGPIU

http://www.soocadesign.com/peran-desain-grafis-dalam-pembentukan-sebuah-branding

http://www.ilmugrafis.com/artikel.php?page=prinsip-prinsip-desain-grafis

http://ndoware.com/image-processing.html

Mata Kuliah : Pengantar Animasi & Desain Grafis

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s